Thomson Reuters melalui divisi Intellectual Property & Science telah merilis versi 2014 (2013 impact factors) dari Journal Citation Reports® (JCR). JCR dikenal sebagai sumber paling berpengaruh di dunia untuk mengevaluasi publikasi-publikasi ilmiah berkualitas dan standar paling kredibel mengenai Journal Impact Factors tahunan.

The Journal Citation Reports menampilkan hasil evaluasi mengenai posisi sebuah publikasi ilmiah (khususnya jurnal) diantara literatur-literatur ilmiah. Laporan tersebut dihasilkan melalui evaluasi obyektif berdasar data kuantitatif dan informasi statistik dari sebuah jurnal. Hasil analisis tersebut disajikan melalui data-data yang terdiri dari format kutipan resmi, metrik dampak dan pengaruh dalam dunia kelimuan, dan jutaan kutipan dari dan ke suatu jurnal yang disarikan dari platform Web of ScienceSM, sebuah indeks kutipan besar dunia dalam bidang sains alam, sains sosial, dan humaniora.

Since its inception in 1975, the Journal Citation Reports continues to be a reliable benchmark for assessing the impact and influence of scholarly journals worldwide.

— Marie McVeigh (Content Selection – Web of Science)

Rilis terbarunya, 2014, mencakup data sitasi pada tahun 2013 yang dipisahkan antara sains alam dan sains sosial. Ada 10.927 jurnal dari 237 disiplin ilmu spesifik yang dipublikasikan oleh para penerbit dari 82 negara berbeda telah tercakup dalam rilis tersebut. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ratusan jurnal mendapat kesempatan untuk menerima angka Journal Impact Factor untuk kali pertama, namun ada beberapa jurnal yang dicabut haknya karena satu dan lain hal dengan tujuan untuk menjaga integritas dari JCR. Jurnal-jurnal yang terkena pencabutan tersebut bisa diajukan untuk pertimbangan inklusi kembali ke dalam analisis Journal Impact Factors secepat-cepatnya 2 (dua) tahun setelahnya.

Thomson Reuters understands the importance of these metrics in the scholarly community and is dedicated to preserving their accuracy and reliability in the ongoing selection of the world’s top-tier international and regional journals – journals that exemplify the quality demanded by researchers and authors worldwide.

— Marie McVeigh (Content Selection – Web of Science)

Proses seleksi dari jurnal-jurnal berkualitas yang berhak mendapatkan impact factors merupakan proses berkelanjutan yang berfokus pada identifikasi, evaluasi, dan seleksi dari jurnal-jurnal paling berpengaruh secara regional dan internasional untuk masuk dalam cakupan indeks Web of Science. Setelah data sitasi dari sebuah jurnal sudah tersedia untuk waktu minimum 2 (dua) tahun, data-data tersebut akan dianalisis dan dipublikasikan melalui JCR. Rilis 2014 JCR berisi data yang disarikan dari sitasi-sitasi yang muncul tahun 2013 dan 2012 terhadap jurnal-jurnal terindeks Web of Science tahun 2013.

Dengan merujuk pada JCR melalui platform Thomson Reuters Research Analytics, komunitas ilmiah dapat mengevaluasi performa riset secara global dari masing-masing institusi maupun individu peneliti. Sebagai contoh referensi, silakan lihat impact factors tahun 2013 untuk jurnal-jurnal di bidang Agricultural Sciences & Engineering.

 

Informasi Tambahan: 2013 Impact Factors

Karena akses dari laporan di atas masih terbatas (berbayar), maka berikut adalah kompilasi dari beberapa jurnal di bidang-bidang kajian yang bisa saya akses. List di bawah adalah hanya diperuntukkan sebagai bantuan dalam keperluan akademis (mempertimbangkan pemilihan media publikasi makalah ilmiah).

Bidang KajianJumlah Jurnal
Agricultural Sciences & Engineering54
Food Sciences & Engineering31
Civil & Structural Engineering21
Operations Research & Management12
Transportation Research11
Health Studies5

 

Further Reading